A. LATAR
BELAKANG
IQ
atau intelligence quotient adalah hal yang penting untuk
mengetahui bagaimana sebenarnya kemampuan intelegensi kita, terlebih pada anak,
sehingga apabila terdapat kejanggalan, maka bisa diketahui sejak dini. Oleh
karena itu, pada kesempatan kali ini, akan dibuat rancangan aplikasi sistem
informasi psikologi yang bertemakan IQ.
B. LANDASAN
TEOR
Triyanto (2015) menyatakan
bahwa IQ adalah pengukuran kecerdasan dan dinyatakan dala angka. IQ menganggap
bahwa terdapat perbedaan kecerdasan di antara orang yang berbeda dari suatu
populasi dan mengekspresikannya dengan sebuah nilai dari bagaimana kecerdasan
dalam hubungannya dengan keseluruhan populasi.
Imam
(2015) juga menyatakan bahwa IQ adalah istilah umum yang digunakan untuk
menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan
menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan,
menggunakan bahasa dan belajar.
IQ
sendiri memiliki klasifikasi, klasifikasi IQ Stanford-Binet adalah sebagai
berikut:
- 140-169: Very Superior
- 120-139: Superior
- 110-119: High Average
- 90-110 : Average
- 80-89 : Low Average
- 70-79 : Borderline-defective
Aplikasi ini lebih
mengutamakan pengukuran IQ untuk anak-anak. Untuk rumus perhitungannya sendiri
adalah sebagai berikut:
Usia mental x 100 / Usia kronologis
Usia mental adalah usia
yang didapat dari hasil tes, dan usia kronologi adalah usia anak sebenarnya
C. ELEMEN
TES
Untuk membangun sistem
informasi psikologi tersebut, perlu menyiapkan kebutuhan untuk elemen-elemen
sistem yang akan dibangun. Elemen-elemen tersebut adalah:
1. Elemen
proses, proses disini adalah, setiap individu yang menggunakan aplikasi ini
akan menghadapai serangkaian bentuk tes psikologi yang bentuknya sudah
disesuaikan untuk tampilan aplikasi, setelah menyelesaikan rangkaian tersebut,
aplikasi akan melakukan perhitungan IQ sesuai rumus, dan individu akan melihat
skor IQ mereka.
2. Elemen
tujuan, tujuan dari pembuatan aplikasi
ini adalah untuk memudahkan orang tua yang ingin mengetahui IQ anak-anak mereka
secara mandiri. Orang tua hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut, dan meminta
anak mereka mengerjakan serangkaian tes, dengan didampingi orang tuan tentunya.
3. Elemen
interface, tampilan pada aplikasi ini
sederhana dan memiliki paduan warna-warna terang, yang akan lebih menarik
perhatian anak-anak. Tes yang diberikan juga sudah disesuaikan untuk tampilan mobile. Sehingga akan mudah dikerjakan.
4. Elemen
sistem, sistem yang digunakan pada aplikasi ini sistem operasi terbuka.
DAFTAR
PUSTAKA
Imam, M. (2015). Book
of mentor1: Leader university step by step leader. Kim-Ara Holding Group.
Triyanto, B. (2015). Hitung sendiri iq anda. Yogyakarta: Penerbit B first.