NPM: 10514330
Kelas: 3PA10
Struktur Organisasi AMG Group
PT. Atmaja Makmur Gemilang
Tugas utama manajer keuangan : (Finance
Manager)
- Manajer
Keuangan bekerja sama dengan manajer lain, bertugas merencanakan dan
meramalkan beberapa aspek dalam perusahaan termasuk perpencanaan umum
keuangan perusahaan
- Manajer
keuangan bertugas mengambil keputusan penting investasi dan berbagai
pembiayaan serta semua hal yang terkait dengan keputusan tersebut
- Manajer
keuangan bertugas dalam menjalankan dan mengoperasikan roda kehidupan
perusahaan seefisien mungkin dengan menjalin kerja sama dengan manajer lainnya
- Manajer
keuangan bertugas sebagai penghubung antara perusahaan dengan pasar
keuangan sehingga bisa mendapatkan dana dan memperdagangkan surat berharga
perusahaan
TANGGUNG JAWAB MANAJER KEUANGAN
Berikut ini tanggung jawab seorang
manajer keuangan :
- Mengambil
keputusan yang berkaitan dengan investasi
- Mengambil
keputusan yang berkaitan dengan pembelanjaan
- Mengambil
keputusan yang berkaitan dengan deviden
- Merencanakan,
mengatur dan mengontrol perencaaan, laporan dan pembiayaan perusahaan
- Merencanakan,
mengatur dan mengontrol arus kas perusahaan
- Merencanakan,
mengatur dan mengontrol anggaran perusahaan
- Merencanakan,
mengatur dan mengontrol pengembangan sistem dan prosedur keuangan
perusahaan
- Merencanakan,
mengatur dan mengontrol analisis keuangan
- Merencanakan,
mengatur dan mengontrol untuk memaksimalkan nilai perusahaan
Manager Akuntansi
(Accountacy Manager)
§
§ 1.Memimpin dan menerapkan pedoman
sistem akuntansi yang telah disetujui Direktur Keuangan dan Akuntansi
yaitu mulai dari pemeriksaan bukti-bukti akuntansi, pencatatannya,
pengelompokan sampai dengan penyusunan laporan keuangan menurut pedoman
Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK).
§2. Memimpin penyusunan laporan keuangan
(Laporan Posisi Keuangan, Laporan Laba-Rugi Komprehensif, Laporan Mutasi
Ekuitas, Laporan Laba Ditahan, Laporan Arus Kas, Catatan atas Laporan Keuangan)
dan mengkonsolidasikan semua laporan keuangan tersebut untuk pihak manajemen
serta laporan keuangan untuk pihak luar agar laporan tersebut benar, teliti dan
tepat waktu.
§ 3. Mengatur dan mengawasi pelaksanaan
tugas yang dibebankan kepada bawahannya menurut sistem dan prosedur yang
ditentukan.
§4. Memeriksa dan menandatangani Laporan
Mutasi Piutang dan Laporan Mutasi Hutang, sebelum disampaikan
kepada Direktur Keuangan dan Akuntansi.
§5. Secara periodik, besama-sama
dengan Bagian Gudang melaksanakan pemeriksaan fisik persediaan
(stock Opname) barang yang ada di gudang.
§6. Memeriksa pembuatan berita acara pemeriksaan fisik
persediaan yang ada di gudang sebelum disampaikan
kepada Direktur Keuangan dan Akuntansi.
§ 7. Membuat laporan-laporan manajemen
dari bagiannya secara periodik.
Corporate Finance
Manager
Corporate Finance Manajer Perusahaan bertanggung jawab :
1. untuk mengidentifikasi dan mengamankan proses penggabungan atau pembelian perusahan dan juga pembiayaan perusahaan (merger dan akuisisi),
2. mengelola dan menginvestasikan dana moneter besar, dan membeli dan menjual produk-produk keuangan.
3. Corporate Finance Manager mengarahkan arah keuangan bisnis, dan melakukan semua perencanaan keuangan strategis dan pelaporan kepada para pemangku kepentingan.
4. Nasihat tentang bagaimana untuk memenuhi target dan menciptakan modal investasi. Memberikan nasihat investasi, taktik dan rekomendasi
5. Membangkitkan keuangan dari saham dan pinjaman
6. Menggunakan model keuangan untuk memprediksi hasil
7. Dukungan dalam penargetan dan memenangkan bisnis
8. Bernegosiasi dan struktur rincian keuangan
Manager Produksi
TUGAS
MANAGER PRODUKSI (Manager Pabrik)
Sebagai salah satu posisi yang penting dan
strategis di perusahaan, tanggung jawab dan tugas yang diemban seorang manager
produksi tentulah sangat besar terutama dalam permasalahan produksi perusahaan.
Berikut ini kami sampaikan tugas manager produksi adalah
- Membuat
perencanaan dan jadwal proses produksi
- Mengawasi
proses produksi agar kualitas, kuantitas dan waktunya sesuai dengan
perencanaan yang sudah dibuat
- Bertanggung
jawab mengatur manajemen gudang agar tidak terjadi kelebihan atau
kekurangan persediaan bahan baku, bahan penolong maupuan produk yang sudah
jadi di gudang
- Bertanggung
jawab mengatur manajemen alat agar fasilitas produksi berfungsi
sebagaimana mestinya dan beroperasi dengan lancar
- Membuat
laporan secara berkala mengenai kegiatan di bagiannya
- Bertanggung
jawab pada peningkatan ketrampilan dan keahlian karyawan yang berada di
bawah tanggung jawabnya
- Memberikan
penilaian dan sanksi jika karyawan di bawah tanggung jawabnya melakukan
kesalahan dan pelanggaran
- Berinovasi dalam pengerjaan produksi dan memberikan masukan pada perusahaan yang berkaitan dengan bagian produksi
Tugas
manajer PPIC (Production Planning and Inventory Control)
Adapun beberapa tugas yang wajib dilaksanakan
oleh seorang manajer PPIC ini diantaranya yaitu :
- Menyediakan pemesanan dari bagian marketing dan menyusun rencana produksi sesuai dengan pesanan marketing.
- Memenuhi permintaan contoh produk dari bagian marketing perusahaan serta melakukan pemantauan dalam proses pembuatan contoh produk ke tangan konsumen langganan.
- Menyusun rencana pengadaan bahan yang didasarkan atas forecast dari marketing melalui pemantauan kondisi stock barang yang akan diproduksi.
- Melakukan monitoring pada bagain inventory pada proses produksi, penyimpanan barang di gudang maupun yang akan didatangkan pada perusahaan sehingga saat proses produksi yang membutuhkan bahan dasar bisa berjalan dengan lancar dan seimbang.
- Membuat jadwal proses produksi sesuai dengan waktu, routing dan jumlah produksi yang tepat sehingga menjadikan waktu pengiriman produk pada konsumen bisa dilakukan secara optimal dan cepat.
- Menjaga keseimbangan penggunaan mesin perusahaan sehingga tidak ada mesin produksi yang overload atau malah jarang digunakan oleh perusahaan produksi.
- Melakukan komunikasi dengan bagian marketing untuk memastikan penyelesaian masalah produksi.
- Memberikan informasi yang akurat dana terpercaya pada seluruh bagian karyawan perusahaan.
Tax
Manager (Manager Perpajakan)
Tugas dan wewenang Tax Manager
Tanggung jawab seorang tax officer adalah:
·
Menyusun rencana perpajakan untuk optimalisasi pajak
·
Melakukan koordinasi dengan perusahaan affiliasi dan bagian terkait dalam
melaksanakan hak dan kewajiban
perpajakan
·
Approval laporan pajak masa dan tahunan secara akurat dan tepat waktu
·
Melakukan verifikasi transaksi perusahaan yang terkait aspek pajak
·
Menangani audit pajak dan menyusun budget tahunan bagian pajak
·
Update peraturan perpajakan untuk memastikan tax compliance
Manager
Legal
1. Melakukan analisis yuridis, melakukan
pemeriksaan dan penilaian jaminan, menyiapkan perjanjian
kredit, melakukan pengikatan jaminan, melakukan penyimpanan legal dokumen, Seorang legal officer di perusahaan
industri biasanya memiliki
tiga tugas utama :
1. Sebagai
konsutan hukum perusahaan, yaitu memberikan nasihat atau opini hukum kepada pemimpin
perusahaan.
2.
Sebagai advokat perusahaan, yaitu mewakili perusahaan jika terjadi masalah di
pengadilan.
3. Sebagai pelaksana perusahaan,
yaitu menyiapkan dan mengurus perizinan, melakukan pengawasan kredit, serta melakukan
upaya penyelamatan kredit bermasalah.
Manager
Human Capital dan General Affairs
HCT
1. Bertanggung jawab di dalam pengelolaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia, yaitu dalam hal perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan sumber daya manusia, termasuk pengembangan kualitasnya dengan berpedoman pada kebijaksanaan dan prosedur yang berlaku di perusahaan
2. Bertanggung jawab terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan pembinaan government & industrial serta mempunyai kewajiban memelihara dan menjaga citra perusahaan.
3. Menyusun, merencanakan, mengawasi dan mengevaluasi anggaran biaya kegiatan secara efektif dan efisien serta bertanggung jawab terhadap setiap pengeluaran hasil kegiatan.
4. Bertanggung jawab terhadap perencanaan, pengawasan dan melaksanakan evaluasi terhadap jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan.
5. Melaksanakan seleksi, promosi, transfering, demosi terhadap karyawan yang dianggap perlu.
6. Melaksanakan kegiatan-kegiatan pembinaan, pelatihan dan kegiatan lain yang berhubungan dengan pengembangan mental, keterampilan dan pengetahuan karyawan sesuai dengan standard perusahaan.
7. Bertanggung jawab terhadap kegiatan yang berhubungan dengan rekapitulasi absensi karyawan,perhitungan gaji, tunjangan dan bonus.
General Affairs
1.
Melakukan pengelolaan
kendaraan dinas, Pengadaan kendaraan dinas
2.
Perawatan gedung,
perawatan lingkungan kantor (lahan parkir, halaman kantor, gudang, dsb)
3.
Semua bentuk perizinan
perusahaan
4.
Pengadaan dan
distribusi ATK dan alat-alat kerja lainnya (meja, kursi, laptop, komputer, dll)
5.
Keamanan perusahaan
(satpam, security)
6. Berhubungan dengan
pihak eksternal (Pemda, Kepolisian, pemkab, muspida, ormas, wartawan,
kelurahan, kecamatan dll)
7.
Mengurusi karyawan
outsourcing (office boy, security, driver, resepsionis, dll)
8.
Mengurusi semua
kebutuhan dan operasional saluran komunikasi (telepon, fax, HP, BB, dll)
ICT Manager (Information, communication and Technology)
- Mengelola Teknologi Informasi dan sistem komputer
- Bertanggung jawab pada kesiapan dan ketersediaan sistem komputer / aplikasi dalam lingkungan perusahaan
- Membuat dan/atau implementasi semua sistem dan aplikasi
- Merancang, mengelola dan mengawasi serta meng-evaluasi operasional dari sistem informasi (software dan aplikasi) dan pendukungnya (hardware, infrastruktur, telekomunikasi)
- Membuat dan mengimplementasikan kebijakan dan prosedur TI (IT policy) termasuk kebijakan keamanan TI (IT security policy)
- Berkerja sama dengan TI vendor untuk merancang , membuat dan meng-implementasikan sistem atau aplikasi jika diperlukan
- Membuat dan mengawasi anggaran TI (budget) dan expenditures
- Memberikan solusi Teknologi Informasi
- Bertanggung jawab pada penyediaan layanan infrastruktur termasuk aplikasi, jaringan komputer (LAN / WAN), keamanan Teknologi Informasi dan telekomunikasi
- Memberikan rekomendasi tentang solusi sistem informasi dan pendukungnya
- Memberikan orientasi kepada pegawai baru mengenai aplikasi atau sistem yang digunakan saat ini dan rencana atau strategi TI secara umum
- Merancang dan membuat TI DRP (Disaster Recovery Plan)
- Memberikan arahan pada bawahan mengenai penggunaan dan solusi teknologi
- Pengawasan dan perawatan Teknologi Informasi
- Bekerja sama dengan senior manajemen untuk membuat, merancang pelayanan TI dalam dokumen Service Level Agreements
- Memberikan laporan bulanan kepada Direktur Keuangan mengenai semua aspek dari departemen TI (Teknologi Informasi)
Manager Logistik
1. Melakukan
manajemen logistik yaitu mengurus sistem untuk mengawasi proses arus dari logistik dari mulai
penyimpanan, pengantaran yang strategis untuk
material, bahan-bahan atau suku cadang, dan juga barang jadi atau produk akhir agar dapat dimanfaatkan secara
maksimal oleh organisasi yang terkait
seperti perusahaan.
2. Mengelola
dan merencanakan sistem operasi khusus untuk organisasi terkait agar mampu mencapai tujuan bersama
dengan memberi manfaat maksimal bagi
organisasi dengan biaya operasi seminimal mungkin. Karakteristik utama dari logistik adalah sangat berhubungan erat
dengan proses pemindahan atau
penyimpanan barang atau material di tempat yang strategis.
Tujuan Customer Relationship Management
1) Menambah
hubungan yang telah ada untuk menambah pendapatan
Perusahaan memandang pelanggan secara luas untuk memaksimalkan hubungan diantara mereka sehingga dapat meningkatkan profibilitas perusahaan dengan mengidentifikasi, menarik, dan mempertahankan pelanggan yang potensial
Perusahaan memandang pelanggan secara luas untuk memaksimalkan hubungan diantara mereka sehingga dapat meningkatkan profibilitas perusahaan dengan mengidentifikasi, menarik, dan mempertahankan pelanggan yang potensial
2) Menggunakan
informasi yang terintegrasi untuk pelayanan yang terbaik.
Dengan menggunakan informasi pelanggan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik bagi kebutuhannya, maka pelanggan tidak perlu berulang kali meminta informasi yang mereka butuhkan kepada perusahaan sehingga menghemat waktu dan mengurangi frustasi mereka.
Dengan menggunakan informasi pelanggan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik bagi kebutuhannya, maka pelanggan tidak perlu berulang kali meminta informasi yang mereka butuhkan kepada perusahaan sehingga menghemat waktu dan mengurangi frustasi mereka.
3) memperkenalkan
saluran proses dan prosedur yang konsisten dan dapat ditiru.
Dengan perkembangan saluran komunikasi bagi pelanggan, maka semakin banyak karyawan yang terlibat dalam transaksi penjualan, sehingga perusahaan harus memperbaiki konsistensi proses dan prosedurat.
Dengan perkembangan saluran komunikasi bagi pelanggan, maka semakin banyak karyawan yang terlibat dalam transaksi penjualan, sehingga perusahaan harus memperbaiki konsistensi proses dan prosedurat.
4. Menunjang kegiatan manajemen dalam mencapai tujuan
organisasi
5. Menciptakan
komunikasi dua arah secara timbal balik dengan menyebarkan informasi dari
perusahaan kepada publik dan menyalurkan opini publik pada perusahaan
6. Melayani publik
dan memberikan nasihat kepada pimpinan organisasi untuk kepentingan umum.
7. Membina
hubungan secara harmonis antara organisasi dengan publik, baik internal maupun
eksternal.
Purchasing Manager (Manager pembelian)
1. Menyusun
strategi pengadaan dan pengelolaan material, yang meliputi proses Pemesanan daN Forecasting, Pemilihan
Pemasok, Pengendalian Persediaan, Kalkulasi dan Penetapan Harga serta usaha-usaha
yang dapat dilakukan untuk menekan adalah tugas bagian purchasing.
2. Memastikan
material bahan baku memiliki kriteria mutu yang tepat, tepat jumlah, tepat waktu, tepat pemasok, tepat harga dan tepat layanan
paripurna.
3. Menerapkan proses seleksi dan evaluasi supplier,
informasi pembelian serta verifikasi produk yang
dibeli.
4. Menyusun
prosedur
pembelian: mulai dari permintaan pembelian, pemeriksaan ketersediaan stock, survey harga dan negosiasi,
persetujuan purchase order, pemantauan delivery, sampai informasi kedatangan barang kepada peminta barang.
Manajer Internal Audit
TUGAS UTAMA DAN JOB DESK INTERNAL AUDITOR
No
|
Uraian Pekerjaan Internal Auditor
|
1
|
Melaksanakan proses pemeriksaan /
audit internal bagi seluruh divisi cabang dan melaporkannya dalam bentuk
laporan audit
|
2
|
Menjalalankan proses audit internal
perusahaan secara teknis dan berkala baik dari segi financial maupun
operasional
|
3
|
Melakukan koordinasi kesiapan cabang
dan juga depo untuk menyiapkan laporan Rugi Laba dengan lengkap serta
melakukan pemeriksaan terhadap Neraca Rugi Laba tersebut
|
4
|
Menganalisa dengan akurat serta bisa
memberikan gambaran tentang penyelesaian masalah keuangan
|
5
|
Melakukan koordinasi dengan lembaga
audit eksternal yang jika diperlukan untuk kelancaran perusahaan
|
6
|
Melakukan monitoring dan evaluasi
hasil audit internal serta menjalin koordinasi dengan pihak terkait untuk
menyiapkan solusi untuk hasil temuan masalah
|
7
|
Aktif melakukan tugas tugas lain yang
di rasa perlu dalam upaya mencapai target audit
|
Manajer Pemasaran
Tugas
Manajer Pemasaran adalah sebagai berikut :
1. Manajer pemasaran bertanggung-jawab terhadap manajemen bagian pemasaran
2. Manajer pemasaran bertanggung-jawab terhadap perolehan hasil penjualan dan penggunaan dana promosi
3. Manajer pemasaran sebagai koordinator manajer produk dan manajer penjualan
4. Manajer pemasaran membina bagian pemasaran dan membimbing seluruh karyawan dibagian pemasaran
5. Manajer pemasaran membuat laporan pemasaran kepada direksi
1. Manajer pemasaran bertanggung-jawab terhadap manajemen bagian pemasaran
2. Manajer pemasaran bertanggung-jawab terhadap perolehan hasil penjualan dan penggunaan dana promosi
3. Manajer pemasaran sebagai koordinator manajer produk dan manajer penjualan
4. Manajer pemasaran membina bagian pemasaran dan membimbing seluruh karyawan dibagian pemasaran
5. Manajer pemasaran membuat laporan pemasaran kepada direksi
6. Perencanaan strategi pemasaran dengan
memperhatikan trend pasar dan sumber daya perusahaan, meliputi :
1. Merencanakan
marketing research yaitu dengan mengikuti perkembangan pasar, terutama terhadap
produk yang sejenis dari perusahaan pesaing.
2. Melakukan
perencanaan analisis peluang pasar.
3. Melakukan
perencanaan tindakan antisipatif dalam menghadapi penurunan order.
4. Menyusun
perencanaan arah kebijakan pemasaran
5. Melakukan
identifikasi dan meramalkan peluang pasar.
6. Merencanakan
pengembangan jaringan pemasaran.
Regulatory Manager
Ruang lingkup pekerjaan registrasi sangat bervariasi,
intinya adalah
1. Ssebagai penghubung antara perusahaan dengan otoritas pemerintahan tempat suatu
produk Pupuk akan dipasarkan. Tugas
dasar mereka adalah
Bertanggung jawab dalam presentasi dokumen registrasi
produk kepada otoritas yang berwenang (SNI dan merek di Departemen Perdagangan,
Izin Edar dan Izin aplikasi padan tanaman di Departemen Pertanian, dan Badan POM).
Melakukan kontak dan negosiasi yang diperlukan untuk
mendapatkan dan mempertahankan lisensi pemasaran produk tersebut.
Mengumpulkan, mengolah, dan mengevaluasi data ilmiah yang
diberikan kolega litbang mereka di perusahaan.
Memberikan informasi terbaru kepada perusahaan mengenai
peraturan dan legalitas di daerah tempat perusahaan tersebut ingin memasarkan
produknya.
Memberikan input
kepada perusahaan mengenai berbagai persyaratan dan batasan, baik legal maupun
ilmiah.
Memiliki tugas poko
dalam perencanaan prosedur jaminan kualitas suatu produk atau jasa
Menafsirkan dan
menerapkan standar jaminan kualitas
Mengevaluasi kecukupan
standar jaminan kualitas
Merancang sampel
prosedur dan petunjuk untuk mencatat dan melaporkan data berkualitas
Meninjau pelaksanaan
dan efisiensi kualitas dan inspeksi sistem agar berjalan sesuai rencana, melaksanakan
dan memantau pengujian dan inspeksi bahan dan produk untuk memastikan kualitas
produk jadi.
Business
Development and Analysis Manager
- Memperluas pasar sasaran
- Mengembangkan bisnis perusahaan
- Berinteraksi dengan pasar
- Menyiapkan presentasi kepada klien
- Melakukan penelitian tentang pasar dan pesaing perusahaan
- Identifikasi dan analisa bentuk kerjasama yang potensial
- Menjangkau mitra kerjasama untuk pengembangan bisnis baru
- Membantu dalam pembuatan strategi perusahaan untuk internal dan eksternal
- Analisa industri dan tren makro untuk mengembangkan pemahaman pasar
- Merumuskan strategi untuk MPMX dan anak perusahaan, termasuk melakukan perencanaan dan penganggaran keuangan
- Mendukung pelaksanaan proyek strategi lintas fungsional di holding dan anak perusahaan
- Mengembangkan proses dan alat yang sesuai untuk memastikan pengelolaan berjalan dengan efisien
Key Account Manager
Description :
- Bertanggungjawab
atas kegiatan sales dan promosi di outlet Key Account.
- Mengidentifikasi
data Key Account di Indonesia , membuat rencana untuk penetrasi semua key
account dan mengimplementasikan rencana tersebut.
- Membuat
planogram/matrix produk untuk setiap jenis dan type outlet key account
- Membuat
dan menegosiasikan secara tepat waktu rencana bisnis yang menyangkut
trading term untuk setiap key account.
- Melakukan
negosiasi dengan pihak Key Account untuk mengimplementasi rencana
marketing yang menyangkut product management, pricing management,
merchandising and display management, dan promotion management.
6. Selalu mengetahui perkembangan outlet baru
agar dapat menyiapkan rencana bisnis dan menjalankannya
dengan baik.
7. Bekerja sama secara aktif dengan dept
Logistik untuk memastikan bahwa delivery product ke key account berjalan dengan lancar.
8. Membuat forecast pembelian key account
dan rolling forecast agar dept Logistik dapat menyiapkan stock produk yang diperlukan.
9. Menangani semua feedback, komplain dari key
account dan menyelesaikannya sebaik mungkin dgn bekerja sama dengan dept yg terkait.
10. Bekerja sama dengan dept Finance untuk
menangani pembayaran dari Key Account.
11. Bekerja sama secara aktif dengan dept
Marketing untuk merencanakan, menjalankan, dan mengevaluasi
promosi di Key Account outlet
12. Mengatur tugas dan pekerjaan setiap Key
Account Executive dan Merchandiser
13. Memberikan pelatihan, konseling kepada KAE dan
Merchandiser untuk meningkatkan produktivitas, pengetahuan
dan ketrampilan mereka.
14. Ikut serta secara aktif dalam rekruitment KAE
dan Merchandiser jika diperlukan
15. Memberikan konsultasi, pelatihan dan bantuan
lainnya yang diperlukan oleh rekan di cabang atau distributor daerah tentang semua hal yang berhubungan dengan
National Key Account outlet di daerah maupun
Local Key Account.
16 Memberikan laporan berkala tentang
perkembangan bisnis di setiap key account dan laporan lainnya yang berhubungan dengan key account.
Manajer
Penjualan
Tugas manajer penjualan adalah sebagai berikut :
1.Manajer penjualan bertanggung jawab
terhadap pelaksanaan marketing plan
2. Manajer penjualan bertanggung jawab
terhadap hasil penjualan produk
3. Manajer penjualan bertanggung jawab
terhadap sales management
4. Manajer penjualan membina dan membimbing
sales team
5. Manajer penjualan membina dan memelihara
hubungan baik dengan distributor
dan sales outlets
6. Manajer penjualan membuat sales plan dan
sales report
7. Mengkoordinir, mengarahkan, mengevaluasi
sistem dan cara kerja team penjualan
8. Membuat
Activity Plan bulanan dan Tahunan ,untuk mencapai target penjualan(Identifikasi buyer di
dalam coverage area dan aktifitas yang akan dilakukan
9. Mengarahkan
dan menggerakan masing-masing
team Supervisor sesuai rencana aktifitas
(Activity Plan) disesuaikan
dengan Segmentasi dan Target mark
10. Memonitor
aktifitas masing-masing team supervisor terhadap target penjualan dan tindakan perbaikan &
pengembangan personal Supervisor & Wiraniaga